Assalamualaikum, blog ini adalah tempatnya yang punya blog ngomong ga karuan dan ngoceh ga penting tentang kesehariannya, keluarganya, dan lingkungannya yang mungkin ga penting buat diketahui oleh para pembaca tapi dirasa cukup penting untuk dibagikan kepada para pembaca sekalian oleh saya si Didik Cumi alias Rinaldi Tri Martono si orang yang punya blog ini.... yah, namanya juga iseng mas, masa cuma orang penting aja yang punya blog. Saya juga pengen punya... oke lah, selamat membaca dan jangan lupa kasih komen ato ngoceh di tempat ngoceh ya, awas lho kalo nggak. Wassalamualaikum...
Aplikasi N-Gage (1) Cerita (20) Confess (1) Dongeng (1) Fitness (2) Game N-Gage (1) Hari-hari (19) HIS7 (1) Horror (5) KASKUS Leaks (5) Kuliah (10) N-Gage (2) Sok Tau (21)

04 Mei 2011

UNO me so well

Siapa sih yang ga kenal permainan kartu UNO? permainan ini udah jadi satu tradisi baru bahkan di kalangan orang-orang dewasa. Permainan ini kalau saya nilai lebih menarik dari permainan kartu remi karena unsur-unsur kejutannya yang cukup bisa mempermainkan perasaan. Ya, menurut pengamatan saya, emosi pun turut andil selama permainan UNO berlangsung. Sedih, gembira, puas, dendam, sakit hati, benci, cinta (halah), bisa saja muncul dalam permainan ini.


Sebenernya siapa sih orang yang bertanggung jawab nyiptain UNO? Uno diciptakan pada tahun 1971 oleh seorang pria bernama Merle Robbins. UNO sendiri dalam bahasa spanyol artinya "satu". Lalu, Merle Robbins menjual royalti UNO ke Mattel (sebuah perusahaan mainan) pada 1992 seharga kurang lebih $50.000, dan akhirnya berkembang menjadi beberapa versi permainan, disamping kartu. Mungkin yang populer setelahnya adalah UNO stacko. ingat?

apa enaknya sih maen UNO? cara maen kartu UNO berbeda jauh sama maen kartu remi ato domino. bagi yang tau maen crazy eight, ni cara maennya hampir mirip lah.

Satu set kartu umumnya terdiri dari:
19 Blue Cards - 0 to 9
19 Green Cards - 0 to 9
19 Red Cards - 0 to 9
19 Yellow Cards - 0 to 9
8 Draw Two Cards - 2 Each in Blue, Green, Red and Yellow
8 Reverse Cards - 2 Each in Blue, Green, Red and Yellow
8 Skip Cards - 2 Each in Blue, Green, Red and Yellow
4 Wild Cards
4 Wild Draw Four Cards

Jangan sampe kurang, karena permainan ga asik lagi kalo ada kartu yang kurang. Trus gimana maeninnya? Gampil! Pertama bagiin 7 kartu untuk tiap pemain. Oh iya, UNO ini bisa dimaenin 2-10 pemain. Maen sendirian sih bisa. tapi tar jadi kaya rada ga waras gitu deh. Tiap pemain ngeluarin kartu-kartu sesuai warna ato angka kartu yang terakhir dibuka. lalu ada kartu-kartu spesial:

Draw Two Card (dalam UNO versi lama disebut "D cards"). pemain setelahnya, wajib mengambil 2 kartu dari tumpukan. Dalam beberapa versi peraturan, kartu ini dapat diteruskan dengan menurunkan kartu Draw Two Cards lainnya, sampai pemain terakhir gagal meneruskan dan terpaksa mengambil sejumlah akumulasi Draw Two Cards yang telah diturunkan (pathetic!)

Reverse Cards (versi lama menyebutnya "R cards"). Urutan pemain berbalik. As simple as that.

Skip Cards ("S cards"). Simpel juga. Pemain urutan setelahnya dilewati. Versi lain permainan ini Skip Cards dapat didouble, namun tetap pemain yang dilewati adalah pemain setelah kartu terakhir. Tidak kumuatif (hanya satu pemain yang dilewati).

S, R, dan D Cards harus diturunkan sesuai dengan warna kartu yang diturunkan sebelumnya.

Lalu ada juga wild cards. Wild Cards ini juga ada 2:
Wild Cards biasa, yang hanya mengganti warna kartu sesuai keinginan si penurun kartu.

Wild Draw Four Cards. Ini yang paling kejam. Udah ngeganti warna kartu semena-mena, pake ngasih warisan pemain urutan setelahnya kudu ngambil 4 kartu pula. Malah, dalam beberapa versi peraturan kartu ini bisa ditimpa dengan kartu yang sama. bayangin kalo sampe 4 Wild Draw Four Cards kompakan turun. Apa ga nangis koprol tuh pemain ngambil 16 kartu? T_T

Lalu apalagi yang harus diketahui dari permainan UNO? Peraturan dasar UNO gampang. Siapa duluan abis dia yang menang. Trus, kalo pemain ga punya kartu dengan warna atau angka sesuai kartu yang turun terakhir, dia kudu "nyangkul" di tumpukan kartu. Versi peraturan lain bukan 'mencari pemenang' namun malah 'mencari pecundang'. Alih-alih memuja pemain yang pertama habis, versi ini malah lebih menikmati menghujat si pemain terakhir.  Hahaha... CULAS!

OK, kita bahas peraturan versi aslinya aja deh. dalam versi aslinya, pemenang ditentukan dengan skor. Kita mencari si pemenang, a.k.a. yang duluan habis. Si pemenang ini otomatis akan mendapat skor 0. lho? Iya, pada akhirnya pemenang ditentukan dengan skor yang paling sedikit. Lalu gimana yang ga habis? pemain dengan sisa kartu di tangan akan dihitung berdasarkan 'nilai kartunya'.

kartu angka dihitung sesuai angkanya
kartu huruf (D, S, dan R cards) akan dihitung 20 poin
kartu Wild Cards dihitung 40 poin
kartu Wild Draw Four Cards dihitung 50 poin.

Pemenang akan ditentukan saat ada pemain yag udah mencapai angka 500. Dan pemain dengan skor terkecil lah yang memenangkan permainan.

Beberapa peraturan tambahan:
Pemain bisa memilih untuk menurunkan kartu atau nyangkul. Kalo kartu yang dicangkul dapat dimainkan, maka pemain hanya bisa menurunkan kartu yang 'dicangkul'. Artinya, tidak boleh memilih kartu lain selain yang dicangkul untuk diturunkan.

Pemain harus berkata "Uno!" ketika menurunkan kartu sehingga tersisa 1 kartu lagi di tangan. Pemain yang gagal berkata "Uno!" dapat 'ditembak' pemain lain dengan berkata "Uno!" sambil menunjuk pemain yang lupa. Jika terjadi demikian pemain yang gagal berkata tadi diharuskan mengambil 2 kartu dari tumpukan. Duh, ga jadi menang deh. Tapi ada batasan-batasannya. Pemain boleh 'ditembak' ketika kartunya sudah sampai di meja. Dan pemain dapat ditembak hanya sebelum pemain berikutnya berjalan. Ketika pemain setelahnya telah menurunkan kartu, maka pemain yang lupa tadi sudah tidak boleh ditembak. Fair Enough.

Wild Draw Four Cards hanya dapat diturunkan jika tidak ada lagi kartu yang dapat dimainkan di tangan. Jika dimainkan, maka pemain yang diharuskan mengambil 4 kartu  dapat menantang dengan berkata "challenge!" Pemain yang ditantang harus memperlihatkan kartu di tangannya kepada pemain yang menantang. Jika terbukti bersalah, maka pemain tersebut harus mengambil 4 kartu. Jika Wild Draw Four Cards dimainkan dengan legal, maka si penantang diharuskan mengambil 2 kartu sebagai tambahan 4 kartu yang harus diambil semula.

Pemain yang salah 'menembak' pemain lain yang belum "Uno!" (kartu pemain belum tersisa 1), diharuskan mengambil 2 kartu dari tumpukan. Makanya semua pemain diharuskan memegang kartunya di tempat yang terlihat semua pemain. terutama jumlah kartunya. Dilarang menumpuk kartu sehingga tidak terlihat jumlahnya.

Saya rasa itu saja yang perlu diketahui tentang UNO. Cobalah, saya jamin anda akan ketagihan. UNO memang know me so well.....

Tidak ada komentar: