Assalamualaikum, blog ini adalah tempatnya yang punya blog ngomong ga karuan dan ngoceh ga penting tentang kesehariannya, keluarganya, dan lingkungannya yang mungkin ga penting buat diketahui oleh para pembaca tapi dirasa cukup penting untuk dibagikan kepada para pembaca sekalian oleh saya si Didik Cumi alias Rinaldi Tri Martono si orang yang punya blog ini.... yah, namanya juga iseng mas, masa cuma orang penting aja yang punya blog. Saya juga pengen punya... oke lah, selamat membaca dan jangan lupa kasih komen ato ngoceh di tempat ngoceh ya, awas lho kalo nggak. Wassalamualaikum...
Aplikasi N-Gage (1) Cerita (20) Confess (1) Dongeng (1) Fitness (2) Game N-Gage (1) Hari-hari (19) HIS7 (1) Horror (5) KASKUS Leaks (5) Kuliah (10) N-Gage (2) Sok Tau (21)

25 Maret 2011

Tentang Urban Legends [bagian 4]

Mungkin ini bagian terakhir, sekaligus yang menurut gue TOP TEN nya dari cerita-cerita urban legends yang diceritain disini. ok, cekidot....

1. Yellow Ribbon
Urband legend dari Wisconsin.

Ada seorang gadis yang selalu mengenakan pita kuning di lehernya, tak peduli siang ataupun malam, cocok ataupun tidak dengan pakaiannya. Ia memiliki teman sejak kecil, John. John tak pernah melihat gadis ini tanpa pita kuning di lehernya.

Berkali-kali John bertanya, berkali-kali pula gadis ini menolak memberitahunya. Waktu berlalu, John akhirnya melamar si gadis dan menikahinya. Di hari pernikahan, John kembali bertanya pada istrinya yang cantik jelita tentang pita kuning di lehernya. Sang istri dengan berlinang airmata menjawab.

"Kita sudah berbahagia selama ini, apakah ada bedanya..?"

John berhenti bertanya sejak saat itu. Mereka berkeluarga dengan bahagia dan punya dua anak. Di hari ulangtahun emas perkimpoian, John kembali bertanya tentang pita kuning di leher istrinya. Sang istri menjawab, "Engkau sudah bersabar selama ini. Bersabarlah sebentar lagi."
John mengiyakan.

Akhirnya, suatu ketika sang istri jatuh sakit. John, melihat hidup istrinya sudah tidak lama lagi, menanyakan kepada istrinya tentang pita kuning itu. Sang istri tersenyum dan berkata, "Baiklah John, kau boleh melepas pita itu sekarang."

Dengan hati berdebar, perlahan-lahan, John melepas pita kuning di leher istrinya.

Dan bersamaan dengan jatuhnya pita kuning itu ke lantai, kepala sang istri pun ikut menggelinding jatuh.

2. Her Leg Cursed
Urband legend yang terkenal dan dapat dilihat sampai sekarang di Maine, New England.

Seorang pria bernama Colonel Buck menjalin affair dengan seorang pelayannya yang cantik. Si pelayan akhirnya hamil dan melahirkan seorang bayi laki-laki yang cacat. Karena tak kuat menanggung biaya seorang diri, ia meminta Colonel Buck bertanggung jawab atas anaknya.

Colonel Buck yang terpojok memutuskan untuk menuduh si pelayan adalah seorang penyihir, membuat pelayan yang malang dihukum bakar di atas salib. Anak laki-lakinya yang cacat dan sudah agak besar, melihat ibunya terpanggang di depan matanya. Di saat salah satu kaki ibunya terlepas, si anak segera meraihnya dan membawanya kabur untuk dikuburkan.

Bertahun-tahun kemudian, Colonel Buck meninggal. Atas jasanya, didirikanlah sebuah nisan berbentuk tugu peringatan. Beberapa hari kemudian, gambar sebelah kaki muncul di nisan tersebut yang dikenali sebagai kaki si pelayan yang dibakar.

Orang kemudian mengambil nisa tersebut dan membuangnya ke laut, namun nisan itu kembali terdampar di pantai. Akhirnya nisan itu dihancurkan dan nisan baru dibangun, namun tanda yang sama kembali muncul.

Tanda itu katanya masih dapat dilihat hingga hari ini, perlambang kesedihan seorang pelayan yang disia-siakan.


3. Hanako and other Japanese Stories
Hanako-chan adalah hantu yang menghantui toilet wanita di sekolah-sekolah SD, dan biasanya selalu toilet nomor 4. Hantu ini suka menakut-nakuti anak yang menggunakan toilet itu, tapi tidak mencelakai mereka, cuma usil saja. Biasanya juga ada beberapa cara memanggil Hanako-chan, seperti masuk ke toilet, berputar tiga kali dan sebut Hanako-chan, lalu hantu akan muncul dengan berbagai wujud, yang paling umum adalah suara ketukan di pintu atau sesosok anak gadis kecil.

Banyak kisah mengenai asal mula Hanako ini, tapi yang paling umum adalah ia bunuh diri di toilet nomor empat karena sering diganggu oleh teman-temannya. Sekarang ia berada di toilet nomor empat nyaris semua sekolah SD di Jepang.

Masih banyak lagi urban legend pendek yang tak diketahui asal usulnya di Jepang... Seperti hantu teke-teke yang suka mengelilingi sekolah di malam hari dengan gunting di tangannya, nenek ungu yang suka muncul dari atas pintu toilet yang ada selanya, tangan yang keluar dari kloset di toilet nomor tigabelas, manusia anjing yang mirip dengan urban legend Goatman, dan lain-lain.

Di setiap sekolah juga biasanya ada Tujuh Keajaiban Sekolah. Rata-rata sih isi Tujuh Keajaiban ini adalah:
- Tengkorak / model manusia yang bisa bergerak
- Anak tangga yang di malam hari bisa bertambah sendiri atau anak tangga yang kalau dihitung berbarengan oleh dua orang atau lebih, pasti hasil hitungannya selalu berbeda
- Pintu yang kalau dibuka di malam hari bisa tiba-tiba tersambung dengan kuburan
- Piano di ruang musik berbunyi sendiri
- Sumur angker
Dan masih banyak lagi yang bervariasi di tiap sekolah.

Urban legend paling menakutkan di Jepang adalah kisah tentang sebuah cerita seram berjudul Cow Head. Tidak diketahui dengan jelas isi cerita tersebut dan kapan bermula, namun insiden yang terjadi menyangkut cerita itu adalah: seorang guru yang sedang perjalanan wisata bersama murid-murid sekolahnya di dalam bis, menceritakan cerita Cow Head ini karena didesak para murid. Anehnya, beberapa murid mulai merasa ketakutan yang amat sangat dan bahkan ada yang pingsan. Si Guru tidak sanggup menutup mulutnya untuk berhenti bercerita, seolah ia sedang dalam keadaan trance. Di akhir cerita, seluruh murid pingsan dengan mulut berbusa dan si sopir juga pingsan. Bis sudah terhenti. Para pendengar yang malang pun satu persatu meninggal karena serangan ketakutan.

Sampai sekarang legenda Cow Head dianggap sebagai salah satu urban legend paling menakutkan di Jepang dan nggak ada yang mau mencobanya.

Ada juga legenda tentang Turbo-baa-chan yang artinya Nenek Turbo. Jika agan sedang menyetir di jalan tol, berhati-hatilah karena kadang ada seorang nenek yang akan berlari sangat cepat dan mengikuti tepat di sebelah jendela agan. Dan si nenek ini akan terus mengikuti sampai agan ketakutan dan menabrak sesuatu atau sampai agan keluar dari teritorinya, yang biasanya meliputi terowongan atau jalan tol di tengah hutan. Berhati-hatilah!

Agan-agan mungkin pernah mendengar kisah Okiku, boneka yang rambutnya terus memanjang? Itu juga urban legend yang terkenal banget, lho. Di jepang memang banyak sekali fenomena hantu merasuki boneka / lukisan, terutama lukisan roh. Salah satu yang terkenal adalah The Ghost of Oyuki, buatan Maruyama Okyo. Lukisan ini menggambarkan hantu Oyuki dengan atribut ala hantu Jepang wanita, yaitu kimono putih, rambut panjang berantakan, tangan dan kaki yang lemas tergantung. Lukisan ini serem abis lho. Kabarnya kalau malam, hantu Oyuki akan berjalan-jalan di dalam rumah…

Di Jepang, dipercaya tulang manusia bisa menjadi fondasi yang kuat untuk bangunan. Karena itu, pengorbanan manusia sering dilakukan dan tulangnya ditanam di dalam beton. Jamon Tunnel adalah contoh urban legend yang bagus tentang ini, karena sampai sekarang dalam terowongan masih sering terdengar jeritan para korban yang tulangnya dikubur di dalam beton.

4. This is Thailand
Urban legend paling dikenal tentu saja tentang Nang Nak, istri seorang prajurit Thailand. Sampai sekarang, katanya dia masih menghantui daerah Phra Kanong, dan jika hari hujan agan bisa mendengar tangisannya yang sangat memilukan.

The story goes like this: Nak menikah dengan seorang prajurit bernama Mak. Ketika Nak hamil, Mak dipanggil untuk berperang. Nak kemudian meninggal saat kelahiran, beserta bayinya. Ketika Mak pulang, ia disambut hantu istri dan anaknya, dan Mak mengira mereka masih hidup. Ketika beberapa tetangga memperingatkan Mak bahwa istrinya sudah mati dan ia tinggal bersama hantu istrinya, ia tidak percaya.

Suatu hari, Nak menjatuhkan jeruk limau ketika memasak. Terburu-buru, ia memanjangkan lengannya untuk mengambil jeruk itu (yah namanya juga hantu gan). Mak yang menyaksikannya diam-diam, menyadari istrinya adalah hantu. Ia berupaya kabur dengan cara berpura-pura hendang buang air kecil di malam hari.

Hantu Nak mengejar suaminya yang berhasil bersembunyi ke dalam sebuah kuil, di mana hantu tidak bisa masuk karena kesuciannya. Nak yang marah kemudian menghantui penduduk Phra Kanong hingga seorang biksu mengurung hantu Nak di dalam sebuah kendi.

Legenda mengatakan beberapa lama kemudian, ada sepasang suami istri tua yang menemukan kendi berisi hantu Nak ketika memancing. Tanpa tahu isinya, mereka membuka kendi tersebut, membebaskan hantu Nak yang kembali menghantui Phra Kanong sekali lagi.

5. Korean
di Korea juga ada urban legend berbasis internet. Ceritanya, ada seorang cewek Jepang yang bunuh diri. Sebelum bunuh diri, ia menggambar potret dirinya dan menyebarkannya via e-mail. E-mail ini entah kenapa malah booming di Korea.
Katanya sih, kalau agan ngeliat gambat itu lama-lama, kira-kira lima menit agan memandangi matanya, gambarnya akan berubah, antara lain bibirnya jadi menyeringai dan di sekitar matanya muncul lingkaran hitam. Banyak korban melaporkan mengenai hal ini, dan mereka juga bisa merasakan kesedihan luar biasa terpancar dari gambar itu. Mau liat gambarnya? Ini dia...


6. Malaysia
Urban legend yang satu ini katanya adalah kisah nyata dari Malaysia.

Seorang gadis berjalan keluar dari gedung Universitas Malaya, dan sedang menunggu temannya yang menjemput dengan mobil ketika udara tiba-tiba berubah lebih dingin dan ia mendengar suara siulan padahal tidak ada siapa-siapa.

Ketika temannya datang mengendarai mobil, ia berlari dan hendak masuk ketika melihat semacam benda seperti kaos kaki putih di belakang mobil. Temannya berkata tidak ada kaos kaki atau semacamnya yang diletakkan di belakang mobil sehingga si gadis memaksa temannya untuk mengecek dulu. Sebentar kemudian, temannya berlari masuk mobil dan meneriaki gadis ini agar masuk, dan mereka berdua melaju cepat.

Sekeluarnya dari area itu, temannya bercerita pada gadis ini bahwa ia menemukan seorang bocah laki-laki kecil di belakang mobil, tapi ia berkulit putih, sangat pucat, bagaikan tak dialiri darah. Bocah itu memandangnya dengan mata sayu dan bertanya.

“Engkaukah wanita yang telah mengambil jiwaku dan mengubahku menjadi hantu di hutan ini?”

Temannya ketakutan dan langsung lari ke mobil. Katanya sih, di sekitar situ dulu ada seorang bocah yang berjalan sendirian diculik oleh penyihir untuk diambil jiwanya. Namun hantu si bocah berhasil kabur dari penyihir. Konon jika terdengar suara siulan, itu adalah suara si penyihir yang mencari sang bocah.

7. Baby Blue
Urban legend ini mirip dengan Bloody Mary. Baby Blue adalah seorang bayi yang dibunuh oleh ibunya sendiri dengan cara ditusuk menggunakan pecahan cermin.

Cara memanggil Baby Blue adalah, agan harus masuk ke kamar mandi dan membuat cermin kamar mandi agan jadi berkabut. (mandi air panas juga cukup kok )
Oh ya, agan musti bawa temen minimal satu orang. Terus tulis “Baby Blue” di cermin yang berkabut dengan jari, lalu matikan lampu. Posisikan tangan agan seolah sedang menggendong bayi, tunggu beberapa menit. Kalau agan sudah merasakan ada beban berat di tangan agan, agan harus memberikannya pada teman agan.

Tiap kali bayi itu diberikan ke orang lain, di tangan yang menggendong akan muncul luka. Tiga kali dipindahkan, Baby Blue akan memecahkan cermin dan menusuk agan hingga mati.

Ada versi lain dari Baby Blue ini. Agan masuk ke kamar mandi, posisikan tangan seolah menggendong bayi, lalu katakana Baby Blue sebanyak tigabelas kali. Baby Blue akan muncul di gendongan agan dan mencakar agan. Kalau ini terjadi, SEGERA BUANG BAYI ITU.
Kalau tidak, akan muncul sesosok wanita dari dalam cermin yang menjerit keras, “Kembalikan bayiku!”
Dan endingnya, agan pasti bisa menebak, bukan?

8. Black Eyed Kids
Agan pernah menonton film The Grudge? Kalau pernah, pasti tidak asing lagi dengan bocah berkulit kebiruan dan bermata hitam.

Urban legend ini dianggap sebagai salah satu urban legend paling mengerikan di dunia, banyak ditemui di tahun 1990-an. Bagaimana tak mengerikan? Bayangkan saja seandainya agan sedang di rumah, membaca surat kabar. Di luar, hujan turun dengan derasnya. Tiba-tiba pintu agan diketuk. Ketika agan membuka pintu, di tengah derai hujan, agan melihat dua orang anak laki-laki, berdiri di tengah hujan deras seolah tak ada apa-apa, kepala mereka menunduk.

Melihat agan, mereka perlahan berjalan mendekat. Bulu kuduk agan mulai merinding. Kedua anak itu berdiri di depan agan, yang satu kelihatannya lebih besar. Anak yang lebih besar berkata, “Tuan, kami tersesat di tengah hujan. Bolehkah kami meminjam telepon Tuan untuk menelepon orangtua kami?”
Anak itu berbicara dengan ketenangan dan kedewasaan yang jauh dari umurnya, membuat agan semakin ketakutan. Agan berkata telepon agan rusak semata untuk menghindarinya.

Si bocah berkata lagi, “Tuan, kami kebasahan. Bolehkah kami menggunakan kamar mandi Tuan sebentar saja untuk sekedar membersihkan diri?”
Sekarang agan kebingungan. Orang macam apa yang menolak dua anak yang tersesat dan kehujanan? Tapi insting agan mengatakan agar agan menutup pintu dan kabur jauh-jauh. Agan berkata tidak bisa, dan menyarankan mereka pergi ke kantor polisi terdekat.

Si kecil berkata, “Tuan, kami kehujanan. Tidakkah Tuan hendak membolehkan kami beristirahat barang sebentar?”
Sambil berkata, mereka mendongakkan kepalanya, dan agan melihat mata mereka… yang berwarna hitam seluruhnya dan kosong, seolah bola matanya telah dicabut dan seseorang menuang tinta hitam ke dalamnya.

Bocah-bocah bermata hitam ini menjadi fenomena sejak tahun 1990-an di mana banyak sekali laporan masuk mengenai “kunjungan” mereka, selalu mendatangi orang yang sedang sendirian di rumah di tengah hujan. OMG.
Kadang, mereka bahkan muncul untuk menakuti agan yang berada dalam mobil di tengah hujan yang sedang macet!

9. Unknown Urban Legend
Ketika naik kereta, pernahkah agan bertemu orang aneh? Urban legend ini tak diketahui dari mana asalnya. Kisahnya, seorang gadis naik kereta, dan duduk di sebelah seorang pria. Di seberang mereka, duduk seorang wanita berkerudung yang diapit dua pria. Wanita tersebut memelototi sang gadis. Pria yang duduk di sampingnya berbisik, “Turunlah di perhentian berikutnya. Jangan tanya kenapa, turuti saja.”
Gadis itu menurut, dan mereka berdua turun bersama. Kemudian si pria berkata, “Syukurlah kau mau menurut. Wanita di depanmu itu sudah mati, dan dua pria di sebelahnya itu sedang memeganginya supaya duduk tegak.”

10. The Best One... From Beijing: Carrying Something on your back?
Ada satu keluarga yang terdiri dari seorang laki-laki pemabuk dan istrinya beserta anak mereka yang masih berumur lima tahun. Si pemabuk suka memukuli istrinya, dan istrinya juga selalu melawan suaminya sehingga mereka selalu bertengkar.

Suatu hari, dalam keadaan mabuk dan marah besar, si pemabuk membunuh istrinya dan menyembunyikan mayatnya. Di kota sebesar dan sepadat Beijing, apalagi untuk keluarga separo gelandangan yang tinggal tak jelas di mana, kehilangan satu orang juga nggak ngaruh, tak ada yang tahu. Yang bikin heran, anaknya yang masih kecil tak pernah mencari ibunya, ia hanya sering terlihat agak bingung tapi tersenyum.

Suatu hari si pemabuk bertanya pada anaknya, kenapa ia tak pernah mencari ibunya. Bukankah anak kecil biasanya selalu ingin berada dekat ibu? Dengan tenang si anak menjawab,

“Loh, aku kan enggak apa-apa. Aku cuma heran kenapa Papa terus-terusan menggendong Mama sepanjang hari, setiap waktu?”

Percaya atau tidak, pembunuhan itu terbongkar gara-gara si penjahat yang ketakutan mengaku pada polisi.

BONUS: HANTU RAYA
Hantu raya adalah hantu yang bisa berubah wujud. Hantu ini harus memiliki seorang tuan yang mengendalikannya, dan ia biasanya dipakai untuk memberikan kekayaan. Jika sang tuan hendak mati, ia harus terlebih dahulu mewariskan hantu raya miliknya kepada keturunannya sebelum ia mati, sebab jika tidak, si hantu yang tak bertuan akan merasuki tubuh tuannya yang sudah meninggal, dan kembali ke rumah tuannya untuk memakan apa saja yang bisa ditemui di rumah itu!

Ada sebuah kisah tentang seorang pemilik hantu raya yang tiba-tiba meninggal. Karena mendadak, sang tuan tidak sempat mewariskan hantu raya miliknya. Selama seminggu, tak ada yang mengetahui bahwa pria itu sudah mati, sampai mereka mencium bau tidak sedap dari tubuh sang tuan dan menyadari ia sudah menjadi mayat sampai membusuk! Memang, hantu raya akan selamanya berada dalam sosok sang tuan jika tak diusir, bahkan walaupun tubuh itu hanya tinggal tulang.

BONUS LOKAL: HANTU BIS JORR


waktu itu ada 1 kampung di daerah kebayoran mau pergi ziarah gan,terus nyewa bis rame2 dan dan sialnya supir bis itu ngantuk gan,jadinya pas di tikungan tol situ tuh bis nabrak terowongannya,ancur lah bis itu semuanya meninggal disono mengenaskan, nah yang terkenal itu hantu cewek (kadang2 bawa anak dan dia di terowongan gan jadi yah hati2 sama lampu tembak agan dan sis), hantu laki2 tua(katanya supirnya yang waktu itu ngantuk ), sama ada juga katanya yang nemu sepatu, tas pergi yang dah rusak alias sobek, dan pas dideketin itu ilang, dan hati2 juga kalo sekitar jam 9 malem sampe jam 11 malem paling sering laporan ngeliat cewek yang tadi nongol bahkan kadang2 ngejar2 di terowongan , terus jangan sampe agan ngeliat "tas sobek" tadi katanya besok2nya agan bakal di "senengin" sama alm.cewek tadi. Selain itu kalo agan bawa mobil suka ada bis yang nongol tiba-tiba di belakang agan sambil nge-dim agan. Anehnya pas agan minggir biar tu bis lewat, eh, tu bis malah ngikut minggir, jadi tetep di belakang agan dan tetep nge-dim, sampe mata agan jadi silau, dan agan celaka karena ga hati-hati....

Sekianlah seri urban legend kali ini, semoga berkenan, dan sekali lagi, ini gue ambil dari KASKUS. Ga semua gue ambil, kalau mau lebih banyak silahkan cek sendiri ke TKP. Ok? Sampai Jumpa Lagi...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya baca ini jam setengah dua pagi. So I'm so scared. :{

Anonim mengatakan...

Trus itu yang Black Eyed Kids abis dpet kunjungan, apa yg terjadi sama org yang dikunjungi?